-
Category: Buddha Dharma
-
Hits: 1881
1. 四神足 (四如意足) / 4 Dasar Kekuatan Gaib ( Iddhipada )
a. 欲神足 / Kesempurnaan kekuatan dewa dari kemauan
b. 勤神足 / Kesempurnaan kekuatan dewa dari rajin dan tekun
c. 心神足 / Kesempurnaan kekuatan dewa dari pengamatan
d. 觀神足/ Kesempurnaan kekuatan dewa dari hati
Dengan melaksanakan 4 Dasar Kekuatan Gaib tersebut akan masuk dalam Dhyana.
2. 四正勤 / 4 Dasar Upaya Benar ( Samyakprahana )
a. 已生惡令斷滅 /Kebiasaan buruk yang ada dihentikan, bagaikan membasmi ular berbisa
b. 未生惡令不生/ Kemauan buruk yang belum diwujudkan dilenyapkan, bagaikan penyakit menular
c. 已生善令生起 / Kebiasaan baik yang sudah dilakukan diperbanyak terus, bagai orang memetik buah yang manis
d. 已生善令增長 /Kemauan baik yang belum diwujudkan harus diwujudkan bagaikan orang menanam bibit tanam yang unggul
Dengan melaksanakan 4 Dasar Upaya Benar tersebut akan membangkitkan Virya (semangat)
Dasar latihan untuk samadhi
3. 四念處 / 4 Dasar Perhatian Benar
a. 身念處- 觀身不淨 / Renungan jasmani : Merenungkan bahwa badan jasmani itu kotor dan tidak suci. (Tempat tumbuhnya benih-benih, sifat pribadi, corak pribadi dan lain-lain tiada satupun yang suci bersih)
b. 受念處- 觀受是苦 /Renungan keinginan : Merenungkan bahwa perasaan adalah derita
c. 心念處- 觀心無常 / Renungan batin : Merenungkan bahwa pikiran berubah-ubah / tidak bisa diam/konsentrasi. Pokok pikiran tak dapat dikuasai, bentuk-bentuk pikiran muncul & lenyap beribu-ribu kali dalam sehari semalam
d. 法念處- 觀法無我 /Renungan Dharma : Merenungkan bahwa semua kondisi yang ada tiada kekal dan abadi
Dalam melaksanakan 4 dasar Perhatian Benar ini akan menghasilkan Prajna (kebijaksanaan) – Dasar latihan kebijaksanaan yang hakiki (Arya Prajna)
4. 五根 / 5 Kemampuan Indria ( Mula )
a. 信根 / Keyakinan (sradha) : karena ada keyakinan sehingga tidak Adakeragu-raguan
b. 進根 / Semangat (Virya) : karena ada semangat sehingga tidak malas
c. 念根 / Perhatian (Smrti) : karena ada perhatian sehingga tidak lupa.
d. 定根 / Meditasi /konsentrasi (Samadhi) : karena ada konsentrasi sehingga tidak kacau.
e. 慧根 / Kebijaksanaan (Prajna) : Karena ada Kebijaksanaan sehingga tidak bodoh.
5 akar kebiasaan ini dapat mengantar masuk dalam kesucian.
( Dengan melaksanakan Lima Mula ini akan memperoleh 5 kekuatan atau Panca Balani)
5. 五力 / 5 Kekuatan ( Panca Balani )
a. 信力 / Kekuatan keyakinan / Bala Sradha
b. 進力 / Kekuatan Semangat / Bala Virya
c. 念力 / Kekuatan Perhatian / Bala Smrti
d. 定力 / Kekuatan Konsentrasi / Bala Samadhi
e. 慧力 / Kekuatan kebijaksanaan / Bala Prajna
5 kekuatan ini dapat membantu masuk dalam jalan kesucian
6. 七菩提分 (七觷支) / 7 Ruas Kesadaran Agung (Sapta Bodhyanga )
a. Menelaah / menyelidiki dalam Bodhicitta bedasarkan Dharma (Dharma Pravicaya Sambodhyanga).
Berguna untuk mengatasi pandangan yang sesat.
b. Ketenangan (Prasrabdhi Sambodhyanga). Berguna untuk mengatasi kegelisahan.
c. Kegairahan dalam Bodhicitta (Priti Sambodhyanga).
Berguna untuk mengatasi kemarahan dan kebencian.
d Semangat ketekunan (Virya Sambodhyanga).Berguna untuk mengatasi kemalasan.
e. Perhatian / ingatan d (Smrti Sambodhyanga).Berguna untuk mengatasi kealpaan.
f. Konsentrasi (Samadhi Sambodhyanga).Berguna untuk mengatasi kekacauan
g. Keseimbangan batin (Upeksa Sambodhyanga).Berguna untuk mengatasi ketidakseimbangan.
由凡未從迷而入悟, 由未覺而成覺, 修此匕覺友 Dari tidak mengerti menjadi mengerti dan sadar
八正道
1. 正見 – 見四諦理, 正確認識宇宙人生的真相, 走向正道。
2. 正思惟 - 思四諦理, 斷滅惡的欲念, 生起正當的欲念。(又名正欲)
3. 正語 – 常攝口善業戒, 說出和善真織的言語。
4. 正業 – 常攝身善業戒, 努力做自己正常的行業。
5. 正命 – 以正業維持生命, 不做不道德的職業,來玷污聖潔的生命。
6. 正精進 – 一心專精, 不間斷地向善的方面去努力。(又名正勤)
7. 正念 – 憶念正迶, 精進正業, 不使思想行為有錯誤
8. 正定 – 身心清淨, 入無漏定。
8 Ruas Jalan Suci (Arya Stangah Margah) :
1. Pandangan / Pengertian benar (Samma-Ditthi)
2. Pikiran benar (Samma-Samkappa)
3. Ucapan benar (Samma-Vaca)
4. Perbuatan benar (Samma-Kammanta)
5. Pencahariaan benar (Samma-Ajiva)
6. Daya Upaya Benara (Samma-Vajama)
7. Perhatian / Ingatan benar (Samma-Sati)
8. Konsentrasi benar (Samma-Samadhi)
Svaha.
Add comment